Pribadi Diri dan Organisasi

12 02 2010

Seorang manusia diciptakan Tuhan dengan berbagai nikmat dan kemuliaan serta kekuatan atau kelebihan dan kelemahan. Tidak ada dari setiap jiwa dan pribadi manusia  yang benar-benar sempurna, walaupun manusia diciptakan lebih baik dari makhluk-makhluk Tuhan lainnya. Mereka hidup di dunia saling membutuhkan satu sama lainnya tidak ada yang bisa hidup di dunia hanya sendirian.

Dalam sunatullah Manusia diciptakan memang berbeda-beda mulai suku bangsa, kemampuan maupun garis keturunan. Tuhan menciptakan manusia seperti itu pastilah mempunyai tujuan yang agung. Tujuan itu adalah agar manusia mengenal satu sama lainnya dan tolong-menolong dalam kebaikan. Dalam pribadi tiap manusia pastilah mempunyai rasa ingin mengenal satu sama lainnya. Mereka merasakan kesepian bila hidup sendirian, manusia menginginkan teman untuk curhat, manusia membutuhkan saudaranya yang lain untuk membantunya memecahkan masalah dan mencapai tujuannya. Tidak akan ada manusia yang dalam pribadinya tidak membutuhkan manusia lainnya karena memang Tuhan menciptakan manusia saling membutuhkan.

Dalam menjalani hidupnya manusia mempunyai banyak tujuan yang diinginkannya baik itu tujuan yang bersifat kecil atau jangka pendek dan tujuan besar atau jangka panjang. Untuk tujuan yang panjang dan memerlukan bantuan orang lain, manusia akan melakukan kerjasama antar manusia. Tanpa disadari manusia akan membentuk kongsi atau suatu kelompok kerja untuk mencapai tujuannya itu atau dalam bahasa gaulnya disebut organisasi.

Organisasi merupakan representatif atau sarana manusia mewujudkan tujuannya dimana tujuan diantara manusia yang ada dalam organisasi tersebut adalah sama atau hampir sama. Adanya organisasi tidak lain adalah karena tiap manusia memiliki fitrah untuk mempunyai cita-cita atau tujuan yang akan dicapai dan membutuhkan bantuan orang lain untuk mecapainya. Dalam organisasi terdapat kesepakatan-kesepakatan atau konsesus yang telah disetujui bersama dalam menjalankan organisasi, setiap manusia ingin mencapai tujuannya tanpa ada gangguan ataupun masalah yang mungkin dihadapi.

Dalam berorganisasi setiap anggotanya haruslah mempunyai loyalitas yang tinggi dan pemahaman yang baik tentang organisasi yang dijalankannya. Setiap diri haruslah sadar bahwa mereka merupakan bagian yang tak terpisahkan dari organisasi tersebut, organisasi membutuhkan mereka dan mereka membutuhkan organisasi. Bila setiap organisatoris mempunyai sikap ini dan kemampuan memanajemen setiap diri dan waktu maka organisasi dapatlah berjalan sesuai garis-garis besar haluan kerja yang telah dibuatnya dan akan terwujudlah tujuan yang diharapkan dari organisasi tersebut.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: