Cara Baru Untuk ‘Memperbaiki’ CO2

22 03 2010

Elektrokatalisis: Proses mengubah CO2 di udara kedalam oksalat bahan mentah organik yang berguna

Pada keberadaan CO2 di udara, katalis (kiri) bereaksi untuk membentuk suatu komplek yang berisi dua oksalat (kebanyakan warna merah), yang dapat dibebaskan dengan perlakuan asam. Cu berwarna hijau, N berwarna biru, S berwarna kuning, O berwarna merah, dan C berwarna hitam.

Dalam sebuah studi dengan implikasi untuk menunjukkan global warming, para peneliti telah membuat suatu cara baru untuk menghilangkan gas CO2 rumah kaca dari udara dan membentuk bahan mentak organik yang berguna dalam prosesnya (Science 2010, 327, 313). Teknik ini masih pada taraf demonstrasi tetapi menjanjikan terhadap strategi penyitaan CO2 lainnya.

Proses pembuatan alat sebelumnya untuk “memperbaiki” CO2 meliputi reaksi stoichiometric dengan hidroksida dari karbonat atau bikarbonat dan transformasi katalis untuk membentuk organik persenyawaan seperti formaldehyde dan methanol. Konversi katalitik lebih efisien dan praktis untuk penggunaan dalam skala besar, tetapi katalis akhir – akhir ini tidak dapat digunakan pada CO2 di udara karena mereka juga mengurangi oksigen, yang ada di udara pada tingkata yang sangat tinggi dari pada CO2. Sebagai tambahan, mereka tidak tselektif, menciptakan campuran organik produk.

Ahli kimia anorganik Elisabeth Bouwman dari Universitas Leiden, di Belanda, dan para rekan kerjanya sekarang telah mengmbangkan suatu katalis yang bereaksi dengan CO2 dari udara ambient untuk membentuk suatu produk tunggal oksalat, suatu bahan mentah yang berguna bagi produksi persenyawaan organik lainnya. Setelah reaksi, katalis ini diregenerasikan secara elektrokimiawi pada potensi pengurangan yang sangat rendah, ini berarti bahwa ini merupakan sangat tidak biasa secara energitikal.

Prosesnya tidak memperbaiki permasalahan global warming dengan tepat dan mungkin tidak akan pernah. “Studi kami murni suatu fundamental, dan temuannya akan membutuhkan pekerjaan tambahan sebelum mereka mungkin dapat diaplikasikan pada bidang industrial,” kata Bouwman.

Meskipun demikian, “ini sungguh luar biasa bahwa katalis ini mengurangi CO2 sangat istimewa terhadap oksigen dan bahwa langkah elektrokimiawi membutuhkan sedikit sekali energi yang menyatakan bahwa “struktur katalisnya sangatlah hampir sempurna disesuaikan dengan reaksi yang bekerja,” komentar Clifford P. Kubiak dari Universitas California, San Diego, seorang spesialis pada konversi CO2. Dibandingkan dengan cara – cara lain untuk menghilangkan CO2 dari udara, pengubahan gas rumah kaca menjadi oksalat secara katalitik, efisien dan selektif ” sedikit lagi sampai di puncak tingkatan yang diinginkan,” katanya.(www.chem-is-try.org)


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: